Recertification Audit ISO 9001 : 2015 tahun 2019

[Perpus, 15/11] UPT Perpustakaan Universitas Lampung telah mengadakan kegiatan recertification audit ISO 9001 : 2015. ISO 9001:2015 merupakan standar sistem manajemen mutu edisi kelima. Recertification Audit ini dilaksanakan oleh P.T. IAPMO Group Indonesia dan berlangsung pada hari Rabu dan Kamis, 13 dan 14 November 2019.

Rangkaian acara audit Rabu, (13/11/2019) dimulai pukul 08.30 WIB dengan pembukaan oleh kepala UPT Perpustakaan Unila Ibu Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T, kemudian penjelasan tentang jadwal recertification audit oleh Auditor IAPMO Group Indonesia, ibu Dewi Syafrita. beliau meyampaikan bahwa “recertification audit ini akan dilaksanakan disemua divisi dan sub divisi UPT Perpustakaan Unila”.

Pada sesi pertama audit dilakukan pertemuan dengan top manajemen (Kepala UPT. Perpustakaan). Kemudian dilanjutkan dengan Wakil Manajemen Mutu dibawah Koordinator Bapak Karjoso, S.Sos. Sesi berikutnya ada 3 divisi  yang diaudit yaitu Divisi Layanan Pengguna, Divisi Layanan Teknik dan Divisi Litbang dan Kerjasama. Untuk divisi layanan pengguna yang di audit pada hari pertama yaitu pada sub divisi sirkulasi (Ibu Rd. Erni Fitriani, S.Sos., M.Si.), dan sub divisi cadangan (Ibu Teti Novianti, A.Md.).

Kemudian dilanjutkan pada hari kedua Kamis, (14/11/2019) audit dilaksanakan di Divisi Layanan Teknik pada sub divisi pengadaan BP (Bapak Karjoso, S.Sos dan Ibu Nurhidayah, S.Sos), Divisi Layanan Pengguna pada sub divisi referensi (Ibu Anita Ekarini, S.Sos M.Si), sub divisi KKI (Ibu Ery Elyasari, S.I.Kom), sub divisi layanan teknologi informasi (Ibu Endah Kurniasari, S.I.Kom.) Setelah Ishoma audit dilaksanakan di Divisi Litbang dan Kerjasama pada sub divisi pengembangan SI dan publikasi (Pj. Litbang Isna Oktadiani, S.Pd., didampingi oleh staf publikasi Novi Efriza A.Md., Tria Melysa, SAB.). Dan terakhir audit dilakukan pada Layanan Teknik sub divisi pengolahan BP (Bapak Harun) dan sub divisi perawatan BP (Bapak Sumarno, S.Sos., M.M.,).

Kegiatan selanjutnya yaitu penutupan recertification audit dilaksanakan diruang rapat lantai 3 UPT Perpustakaan Unila pada pukul 17.30 WIB. Ibu Dewi menyampaikan bahwa dari hasil audit ditemukan beberapa point yang masih perlu perbaikan dan saran yang bersifat minor agar seluruh proses dapat berjalan dengan lebih baik lagi sesuai standar ISO. Namun demikian, berita gembiranya yang disampaikan auditor adalah bahwa UPT Perpustakaan direkomendasikan tetap memegang sertifikat ISO 9001:2015.

Alhamdulillah, Selamat untuk UPT Perpustakaan Universitas Lampung, semoga tetap semangat dan semakin dapat menunjukkan kinerja lebih baik lagi demi kepuasan pemustaka dan tetap pada standar mutu yang telah ditetapkan oleh International ditahun tahun mendatang. [Novi]