Layanan Online Perpustakaan – Akses E-Resources, SKBP dan Verifikasi Karya Ilmiah Mahasiswa

Layanan Online Perpustakaan Unila
Akses E-Resources, Surat Keterangan Bebas Pustaka dan Verifikasi Karya Ilmiah Mahasiswa

 

Berdasarkan Surat Edaran Rektor Nomor 2023/UN26/TU/2020 Pada Tanggal 16 Maret 2020 tentang Protokol darurat Pencegahan Penyebaran Infeksi COVID-19, Surat Edaran Rektor Nomor 2333/UN26/TU/2020 Pada Tanggal 27 Maret 2020 tentang Perpanjangan Periode Pencegahan Dan Penyebaran Infeksi COVID-19, maka UPT Perpustakaan Universitas Lampung melakukan pembatasan Layanan hingga Tanggal 29 Mei 2020, yaitu HANYA melakukan layanan Online berupa :

 

I. Akses E-RESOURCES Perpustakaan Unila 

  1. WEBSITE PERPUSTAKAAN UNILA, http://library.unila.ac.id
  2. DIGITAL REPOSITORY http://digilib.unila.ac.id untuk Koleksi Karya Ilmiah (Skripsi dan Tesis)
  3. EBOOK, dengan mendownload dan menginstall aplikasi melaui PlayStore dengan nama pencarian “Digital Library University of Lampung” atau melalui link: https://play.google.com/store/apps/details?id=id.kubuku.kbk12675c6 untuk versi Windows melalui link: https://kubuku.id/download/digital-library-university-of-lampung/
  4. EJOURNAL, informasi melalui http://library.unila.ac.id/web/e-resources-ristekdikti/
  5. Pemustaka dapat mengubungi Pustakawan apabila mengalami kesulitan akses, melalui email : library@kpa.unila.ac.id, WA 082119970406

 

II. Surat Keterangan Bebas Perpustakaan (SKBP)

  1. Mahasiswa atau Pemohon mengisi Formulir Permohonan Pembuatan SKBP melalui link Form_SKBP pada website Perpustakaan.
  2. Menggunggah file foto SLIP SPP terakhir (Asli) dan file  foto KTM (Asli)
  3. Mahasiswa melakukan konfirmasi ke petugas layanan Sirkulasi, bahwa telah mengisi Form SKBP Format Isi Chat (Nama, NPM, Email) dikarenakan untuk Pembayaran Administrasi melalui SIMPONILA (virtual account akan dikirimkan oleh staf layanan Sirkulasi kepada mahasiswa)
  4. Petugas layanan Sirkulasi melakukan verifikasi data yang dikirimkan oleh Pemohon
  5. Petugas layanan Sirkulasi melakukan konfirmasi mengenai status Pemohon, berkaitan dengan ada/tidak buku peminjaman belum kembali, denda buku, atau ada hal lainnya, melalui email atau WA.
  6. Pemohon menyelesaikan administrasi sesuai konfirmasi dari Petugas pada poin 4.
  7. File SKBP file dalam bentuk pdf akan dikirimkan online melalui email resmi Perpustakaan library@kpa.unila.ac.id dan dapat dicetak mandiri oleh Pemohon.

 

III. Verifikasi Karya Ilmiah Mahasiswa (Skripsi/Tesis/Disertasi dan Tugas Akhir)

A. Layanan Verifikasi Karya Ilmiah Mahasiswa S1/ S2/ S3 (Skripsi/Tesis/Disertasi) :

  1. Mahasiswa atau Pemohon mengisi Formulir Permohonan untuk memperoleh akun Digilib agar dapat melakukan akses ke alamat http://digilib.unila.ac.id
  2. Akun Digilib (Username & Password) diberikan dengan syarat mahasiswa melampirkan file foto SKBP dan file foto Surat Keterangan Layak Upload Karya Ilmiah dari Jurusan, melalui link Form_Akun_Digilib
  3. Petugas layanan verifikasi akan memeriksa data yang dikirimkan Pemohon dan memberikan Login Akun Digilib melalui email atau WA Pemohon.
  4. Mahasiswa melakukan Upload Mandiri Skripsi/Tesis/Disertasi dengan mengikuti panduan pada http://digilib.unila.ac.id
  5. Mahasiswa melakukan konfirmasi melalui email atau WA, apabila sudah meng-upload file Skripsi/Tesis/Disertasi
  6. Petugas layanan verifikasi melakukan verifikasi Skripsi/Tesis/Disertasi berdasarkan urutan permohonan yang masuk.
  7. Petugas melakukan konfirmasi ada atau tidaknya perbaikan.
  8. Mahasiswa menyelesaikan perbaikan sesuai konfirmasi Petugas pada poin 7.
  9. Jika tidak ada perbaikan lagi, petugas mengirimkan file Tanda Terima dalam bentuk pdf melalui email resmi Perpustakaan library@kpa.unila.ac.id dan dapat dicetak mandiri oleh Mahasiswa.

 

B. Layanan Verifikasi Karya Ilmiah Mahasiswa D2 dan D3 (Tugas Akhir)

  1. Mahasiswa mengisi Formulir Penerimaan Tugas Akhir (TA) melalui link Form_Penerimaan_TA pada Website
  2. Mahasiswa melampirkan file Tugas Akhir yang dikompres dalam format .zip dengan nama file “NamaMahasiswa_NPM.zip
  3. Mahasiswa melampirkan file foto Surat Keterangan Bebas Perpustakaan (SKBP)
  4. Mahasiswa melakukan konfirmasi melalui email atau WA, apabila sudah mengisi dan mengupload file Tugas Akhir.
  5. Petugas layanan verifikasi melakukan verifikasi Tugas Akhir berdasarkan urutan permohonan yang masuk.
  6. Petugas melakukan konfirmasi ada atau tidaknya perbaikan.
  7. Mahasiswa menyelesaikan perbaikan sesuai konfirmasi Petugas pada poin 5.
  8. Jika tidak ada perbaikan lagi, petugas mengirimkan file Tanda Terima dalam bentuk pdf melalui email resmi Perpustakaan library@kpa.unila.ac.id dan dapat dicetak mandiri oleh Mahasiswa.

 

Kontak Pustakawan :

Email : library@kpa.unila.ac.id

Whatsapp : 082119970406

Facebook : perpus.unila

Instagram : library_unila

Kenal Dekat Perpustakaan Unila melalui Orientasi Perpustakaan 2021/2022

UPT Perpustakaan Unila kembali menyelenggarakan Kegiatan Orientasi Perpustakaan (OP) untuk Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022. Berlangsung selama 2 hari yaitu pada hari Senin 8 November 2021  dan selasa  9 November 2021. Kegiatan ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan dalam rangkaian Propti Unila yang dikuti oleh oleh semua fakultas yang terdapat di Universitas Lampung.

Tujuan kegiatan OP tahun 2021 ini adalah untuk memperkenalkan dan mempromosikan Perpustakaan Unila kepada mahasiswa baru Universitas Lampung T.A 2021/2022 meliputi : sarana, koleksi, layanan  yang tersedia dan Pengelola Perpustakaan Unila agar dapat dimanfaatkan secara optimal.

Teti Novianti, S.I.Pust. sebagai Ketua kegiatan orientasi ini menyampaikan bahwa Rangkaian  kegiatan orientasi tahun masih sama dengan tahun sebelumnya tahun 2020 yaitu Sistem pelaksanan OP 2021 dilaksanakan secara online/ virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom. Untuk teknis pelaksanana OP 2021 setiap hari dibagi menjadi beberapa sesi, setiap sesi dengan durasi 60 menit.

Acara orientasi ini dibuka langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan Unila  Drs. Tiryono, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih kepada semua panitia yang selalu semangat, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan untuk kelancaran acara ini. Dan diharapkan dengan kegiatan orientasi, mahasiswa baru bisa memanfaatkan koleksi dan fasilitas perpustakaan untuk menunjang perkuliahan di Unila.

Terimakasih atas apresiasinya, selamat datang dan selamat bergabung di Universitas Lampung bagi mahasiswa baru 2021, Perpustakaan selalu siap membantu, mendukung dan menemani perjalanan kalian di Universitas Lampung. (Novi)

Jadwal Orientasi Mahasiswa Baru Perpustakaan Unila 2021

UPT Perpustakaan Unila mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022 pada kegiatan Orientasi Perpustakaan Unila 2021 ”sarana pengenalan dan promosi perpustakaan untuk mengoptimalkan pemanfaatan layanan perpustakaan”.

Berikut jadwal Orientasi Perpustakaan Unila yang akan dilaksanakan melalui zoom 05 s.d 08 Oktober 2020, jadwal bisa di lihat dengan mengunduh file pdf  berikut :

UNDUH JADWAL 

UNDUH MATERI OP 2021

 

Catatat :
1.Mahasiswa Baru 2021 wajib memberi nama username zoom nya dengan inisial Nama-(Programstudi).
2.Untuk Join Zoom Meeting link atau ID dan passcode di aplikasi zoom sudah tertera di jadwal orientasinya.
3.Mahasiswa Baru 2021 wajib menggunakan Almamater Unila dan berpakai rapi, warna putih.

 

Pemberitahuan link upload digilib sementara

Diberitahukan kepada seluruh Civitas Akedemika Unila mengenai pemberitahuan sebelumnya bahwa ada perbaikan sistem digilib.unila.ac.id. untuk layanan verifikasi tetap berjalan.
Mahasiswa tetap melakukan pengajuan permohonan akun digilib pada library.unila.ac.id setelah itu akan mendapatkan email balasan dari petugas mengenai link sebagai tempat upload digilib sementara.

BERITA DUKA UPT Perpustakaan Unila

Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun.

Pimpinan dan Segenap Keluarga besar UPT Perpustakaan Unila mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Bapak Karjoso,S.Sos. Putakawan UPT Perpustakaan Unila pada
Jumat, 16 Juli 2021.

Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin. Aamiin ya Rabbal Alamin 🤲