Surveillance Audit ISO 9001:2015

[Perpus, 30/11] UPT Perpustakaan Universitas Lampung mengadakan kegiatan Surveillance Audit tahun pertama. ISO yang diajukan yakni Sertifikat ISO 9001:2015 tentang penjaminan mutu yang dikeluarkan oleh IAPMO R&T (International Association of Plumbing and Mechanical Officials Research and Testing). ISO 9001:2015 merupakan standar sistem manajemen mutu edisi kelima. Pelaksanaan Kegiatan audit ini berlangsung pada hari rabu, 29 November 2017 dimulai pukul 10.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Wakil Manajemen Mutu UPT. Perpustakaan Universitas Lampung, Karjoso, S.Sos. mengatakan “ada empat divisi yang diaudit yakni divisi Managemen Mutu, Tata Usaha, Teknologi Informasi di mana terdapat dua bagian yakni Referensi dan Koleksi Digital, serta divisi Layanan Sirkulasi”.

“Sebelum dilakukan Survailance Audit, Perpustakaan telah melakukan audit internal pada setiap Divisi pada tanggal 17-18 Oktober 2017 dan Rapat Tinjauan Manajemen pada tanggal 21 November 2017. Audit internal dilakukan di ruangan masing – masing Audite. Audit internal ini disebut sebagai Rapat Tinjauan Managemen (RTM)  yang merupakan  salah satu persyaratan yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan audit eksternal ” Demikian disampaikaan oleh Endah Kurniasari, S.I.Kom. selaku Lead Auditor internal UPT Perpustakaan Universitas Lampung.

Sebagaimana diketahui bahwa UPT Perpustakaan Universitas Lampung telah menerima sertifikat ISO sejak tahun 2016, dan setiap tahun akan diadakan audit eksternal (surveillance audit). Survailance Audit dilakukan setiap tahun agar Perpustakaan melakukan kegiatan sesuai prosedur yang telah ditetapkan dan dapat memberikan kinerja yang baik demi kepuasan pemustaka. Untuk hasil pada audit ini, UPT Perpustakaan direkomendasikan tetap memegang sertifikat ISO 9001:2015 dengan beberapa perbaikan dan saran yang bersifat minor. Demikian disampaikan auditor H. Agus Hermawan, S.E., M.M saat pertemuan penutup bersama seluruh tim Perpustakaan Unila. Selamat untuk Perpustakaan Universitas Lampung, semoga semakin dapat menunjukkan kinerja lebih baik lagi ditahun tahun mendatang. [/KB]