Pustakawan Unila Menjadi Finalis Indonesian Academic Librarian Award (IALA) 2017

[Perpus_Unila, 18/9/2017] Indonesian Academic Librarian Award (IALA) merupakan apresiasi Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) terhadap peran pustakawan perpustakaan perguruan tinggi dalam memberikan layanan yang terbaik bagi pemustaka dan juga mempromosikan kepustakawanan Indonesia kepada khalayak umum. Ajang ini adalah kegiatan rutin tahunan FPPTI dan tahun ini adalah kali kedua setelah kegiatan tahun sebelumnya (2016). Pada tahun ini IALA merupakan salah satu  dari rangkaian kegiatan Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia 2017 dan Musyawarah Nasional (MUNAS) FPPTI, dengan tema The Future of Indonesian Librarianship: Think Innovation and Change”. Semiloka dan Munas ini merupakan kerjasama FPPTI dengan Ikatan Sarjana dan Informasi Indonesia (ISIPII) dan IPC Corporate University.

Seleksi IALA 2017 diawali dengan seleksi berkas dan dokumen dari perwakilan yang dikirimkan oleh FPPTI wilayah seluruh Indonesia kepada FPPTI Pusat. Setelah melalui penilaian terhadap berkas dan dokumen portofolio peserta calon finalis seleksi IALA 2017, maka tim seleksi IALA menetapkan 5 (lima) finalis yang berhak mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Anita Ekarini, S.Sos, pustakawan madya, UPT Perpustakaan Universitas Lampung (FPPTI Lampung) merupakan salah satu finalis IALA 2017 tersebut.

Tahap berikutnya, Anita beserta 4 (empat orang) finalis lainnya yaitu Mufiedah Nur, S.Sos., M.Si. dari Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Jember (FPPTI Jatim), Rikarda Ratih Saptaastuti,S.Sos., dari Perpustakaan Universitas Katolik Soegijapranata (FPPTI Jateng), Jeng Ayu Ning Tyas, S.Sos. dari Perpustakaan Universitas Telkom (FPPTI Jabar), dan P. Iman Hery Wahyudi dari Perpustakaan Universitas Pelita Harapan (FPPTI DKI Jakarta), mengikuti seleksi berupa Presentasi Karya Unggulan dan Forum Group Discussion. 

Seleksi tahap final ini dilakukan pada hari Minggu, 17/9/2017 di IPC Corporate University, Ciawi, Bogor. Dalam Presentasi Karya Unggulan, Anita membawakan makalahnya yang berjudul “Evaluasi Kinerja Perpustakaan Unila Dalam Upaya Pencapaian Visi Misi Berdasarkan  SNP PT 010:2011”.

Dari hasil seleksi final tersebut, terpilih satu orang pemenang yaitu Rikarda Ratih Saptaastuti,S.Sos. yang berasal dari Jawa Tengah. Pengumuman dan Penyerahan hadiah dilakukan pada hari Senin 18/9/2017 oleh Ketua FPPTI Pusat, Imam Budi Prasetiawan, S. S.

Selamat kepada pemenang dan seluruh finalis IALA 2017 semoga dapat terus semangat berkiprah dan memberikan yang terbaik dalam dunia kepustakawanan. (/Zad)