Pustakawan Unila Antusias ikuti “Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri”

Itera – pada hari Selasa, 25 Juni 2019 pukul 08.00 WIB bertempat di Aula Gedung Kuliah Umum Institut Teknologi Sumatera (ITERA) telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Budaya Sensor Mandiri (SBSM) dengan tema ” masyarakat sensor mandiri, wujud kepribadian bangsa”. Yang diadakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) wilayah Lampung yang bekerjasama dengan Lembaga Sensor Film (LSF) Jakarta dan Perpustakaan Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Kegiatan ini dihadiri oleh 91 peserta dari berbagai kalangan  termasuk para kepala unit, kepala UPT, dosen, tenaga kependidikan dilingkungan ITERA, mahasiswa, pengurus dan anggota FPPTI Lampung (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) dan para pustakawan, staf dan mahasiswa dari perguruan tinggi Propinsi Lampung. Pimpinan UPT Perpustakaan Unila juga sangat mengapresiasi dengan kegiatan tersebut, dan mengirimkan pustakawan sebanyak 9 orang dan staf 2 orang peserta untuk menghadiri acara sosialisasi.

Sosialiasi tersebut menghadirkan dua narasumber adalah Ahmad Riza Faizal, S.Sos. selaku Komisioner Bidang Pengawasan Isi Siaran dan Arturo Gunapriatna P., M.Sn. selaku anggota Komisi 1, Bidang Penyensoran dan Dialog pada Lembaga Sensor Film.

Rangkaian acara dimulai dengan Sambutan oleh Kepala UPT Perpustakaan Unila yang juga merupakaan ketua FPPTI Lampung (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) ibu Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T, menyampaikan kegiatan sosialiasi tersebut terselenggara atas kerjasama Lembaga Sensor Film Indonesia, FPPTI Wilayah Lampung dan Kampus ITERA sebagai tempat penyelenggaraan sosialoasi dan beliau juga sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan tersebut.

 

 

Selanjutnya kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik Prof. Dr.-Eng Mitra Djamal, dalam sambutannya beliau berharap lewat sosialisasi yang melibatkan para pemangku kepentingan diharapkan dapat memberikan dampak positif kepada seluruh keluarga dalam melaksanakan budaya sensor mandiri.

 

 

Acara dilanjutkan materi dari narasumber. Lembaga Sensor Film Indonesia, Arturo Gunapriatna P, M.SN, yang secara garis besar mengenalkan dan menyampaikan mengenai Sensor mandiri yang dapat diartikan dengan perilaku sadar dalam memilah dan memilih film yang akan diproduksi, dipertunjukkan dan/atau ditonton. Dan materi dilanjutkan oleh bapak Ahmad Rizal Faizal S.Sos, dengan menggagas sensor mandiri bahwasanya penting bagi kita untuk memilih dan memilah tayangan tv yang sesuai untuk keluarga karena terlalu banyak dampak negatif dari menonton televisi.

 

Selanjutnya dengan selesainya materi yang disampaikan narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta yang hadir dalam acara tersebut sangat antusias untuk mengajukan pertanyaan. Salah satunya pustakawan UPT Perpustakaan Unila ibu Rd. Erni Fitriani, S.Sos., M.Si. ikut memberikan pertanyaan kepada narasumber.

 

 

Dan acara diakhiri dengan sesi foto bersama, semoga dengan melalui kegiatan-kegiatan seperti sosialisasi ini, bisa menjadi wadah para pustakawan dan angota FPPTI meningkatkan wawasan, kompetensi, dan bersama-sama memperbaiki perpustakaan di masing-masing perguruan tinggi. (Novi)