Pustakawan Perpustakaan Unila Kembali Memperoleh Sertifikasi Pustakawan

Setelah mengikuti Asesmen Kompetensi Sertifikasi Pustakawan, Pustakawan UPT Perputakaan Unila kembali dinyatakan lulus dan mendapatkan Sertifikasi Pustakawan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Pustakawan (LSP Pustakawan). Asesmen dilaksanakan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Jl. Wolter Monginsidi No.107/144, Pengajaran, Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung, pada 28 – 29 November 2017 lalu.

Menurut UU No. 20 Th 2003 bagian ketiga pasal 61 ayat 1 sertifikasi berbetuk ijazah dan sertifikat kompetensi. Sedangkan Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan /atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan (UU No. 43 Th 2007, Bab 1 Pasal 1). Dapat disimpulkan bahwa sertifikasi pustakawan adalah pemberian sertifikat kepada seseorang yang memiliki kompetensi di bidang kepustakawanan, melalui asesmen kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

 

 

Adapun Pustakawan Perpustakaan Unila yang  tahun 2018 ini memperoleh  sertifikat kompetensi  berjumlah 3 (tiga) orang yaitu Nurhidayah, S.Sos (klaster Pengadaan Bahan Perpustakaan), Anita Ekarini, S.Sos., M.Si. (klaster Layanan Informasi), Ery Elyasari, S.I.Kom (klaster Pengolahan Bahan Perpustakaan). Sertifikat berlaku mulai 06 April 2018 selama 3 (tiga) tahun.

 

 

Dengan demikian tahun 2018 ini jumlah pustakawan Perpustakaan Unila yang memiliki sertifikat kompetensi berjumlah 7 (tujuh) orang, setelah 4 (empat) orang pustakawan terlebih dahulu memperoleh sertifikat di tahun 2016.

Selamat buat seluruh pustakawan, semoga semakin dapat berkontribusi sesuai dengan motto Unila senantiasa “berinovasi dan berkarya untuk bangsa”.