Penobatan Duta Baca 2018 dan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

UPT Perpustakaan Unila kembali menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penulisan & Publikasi Karya Ilmiah dalam bidang Kepustakawanan sekaligus memberikan penobatan Duta Baca Perpustakaan 2018. Kegiatan ini berlangsung pada 13 September 2018 bertepatan di Ruang Seminar lantai 3 UPT Perpustakaan. Penobatan diberikan kepada para finalis terpilih yaitu Bima Novian (Fisip, 2016) sebagai Duta Baca katagori Putra, Luvita Loves (FMIPA, 2015) sebagai Duta Baca katagori Putri, Kurnia Hadi Saputra (FK, 2016 ) sebagai wakil Duta Baca Putra dan Widya Ayu (FP, 2013) sebagai Wakil Duta Baca Putri.

Serimonial penyematan Duta Baca Perpustakaan di berikan langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan Unila Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T., dengan menyampaikan pesan agar  duta baca terpilih dapat menjalankan perannya sebagai publik figur atau motivator dunia perpustakaan dalam mengempannyekan kebiasaaan membaca dan penggerak dalam menumbuhkan minat baca di lingkungan kampus maupun di masyarakat.

Kegiatan selanjutnya disusul dengan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah oleh empat narasumber terpecaya yakni Dr. Sri Purwiyanti, Ph. D., Dr. Eng. Diah Permata, S.T., M.T., Rd. Erni Fitriani, S.sos., M.Si., dan Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. yang dihadir 70 peserta dari berbagai kalangan termasuk mahasiswa, anggota FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) dan pustakawan Unila.

 

Dr. Sri Purwiyanti, PhD selaku dosen Fakultas Teknik Unila menjabarkan dari hal yang paling sederhana mengenai Karya Ilmiah yang bermula dari rasa ingin tahu seseorang sebagai tonggak awal adanya Pengetahun yang selanjutnya bermuara menjadi Ilmu Pengetahuan yang dituliskan dalam bentuk Karya Ilmiah. Beliau juga menjelaskan bahwa kebenaran secara Ilmiah itu berupa rasio, empiris, positivisme, pragmatisme, fenomenalogi dan eksistensialisme dengan cara memperolehnya melewati pihak yang berwenang juga melalui pengalaman pribadi seorang peneliti.

Selanjutnya, pemaparan dari  Dr. Eng. Diah Permata, S.T., M.T., mengenai penulisan yang benar dari artikel ilmiah. Mulai dari penyusunan hingga cara publikasikan ke website dan membuat tulisan kita tersintasi. Setelah penjelasan yang dirasa cukup peseta di berikan kesempatan untuk mempraktekan ilmu yang baru didapatkan dengan menbuat kerangka penelitian dipadu langsung oleh  Rd. Erni Fitriani, S.sos., M.Si., dan Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T.  Kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat guna memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan khususnya dalam hal kepustakawanan. (KB/Yayu)