Pelatihan Augmented Reality for Library (ARLib)

UPT Perpustakaan Unila – Selasa, 17 september 2019 telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Augmented Reality for Library (ARLib) untuk pengenalan dan promosi perpustakaan, bertempat di ruang teater lantai 3 UPT Perpustakaan Unila. Dihadiri oleh seluruh pimpinan dan manajemen Perpustakaan Unila, dosen, Pustakawan, Komunitas Baca, Komunitas Baca, mahasiswa dan undangan lainya.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala UPT Perpustakaan Unila yang juga merupakan ketua FPPTI Lampung (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) ibu Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T,. dan sekaligus menjadi narasumber kegiatan ini. Narasumer lainnya yatu Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. (Pelatihan Pembuatan Poster) dan Andi Windah S.I.Kom.,Mcomn&MediaST. (Pelatihan strategi promosi perpustakaan).

ARLib (Augmented Reality for Library) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh civitas Unila dengan melibatkan pustakawan Unila untuk pengumpulan kebutuhan pengguna. ARLib menggunakan AR yang memiliki fungsi navigasi pelacak lokasi pustaka. Pelacakan lokasi dalam ruangan berbasis AR Marker yang ada di dalam gedung Perpustakaan Unila dan cukup menggunakan kemampuan smartphone pengguna. Ibu Mardiana juga menyampaikan bahwa “Aplikasi ARLib ini sudah mulai digunakan di Perpustakaan Unila pada semester genap TA 2018/2019, akan tetapi masih pada lokasi koleksi yang terbatas (lantai 3). Direncanakan akan diimplementasikan untuk pencarian pada seluruh lokasi pustaka, seiring dengan bertambahnya data identifikasi rak dan buku pada lokasi yang lain”.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan poster oleh bapak Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T. beliau menyampaikan bahwa “poster yang dibuat terdapat AR marker yang nantinya akan di tracking oleh smartphone pengguna dan menampilkan informasi Perpustakaan yang sesuai”. Selain itu peserta juga dipandu oleh mahasiswa Teknik Unila dalam pelatihan pembuatan poster.

Setelah pelatihan pembuatan poster selesai dilanjutkan dengan materi strategi promosi perpustakaan dengan narasumber ibu Andi Windah S.I.Kom.,Mcomn&MediaST. Untuk mengembangkan dan memajukan suatu perpustakaan maka diperlukan strategi promosi perpustakaan dimana pustakawan juga harus mempunyai kemampuan untuk mempromosikan perpustakaan. Salah satu promosi perpustakaan dengan cara promosi melalui sosial media.

Kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama. Semoga dengan kegiatan Pelatihan Augmented Reality for Library (ARLib) untuk pengenalan dan promosi perpustakaan ini bisa bermanfaat bagi para pustakawan dan staf TI (Teknologi Informasi) Perguruan Tinggi di Provinsi Lampung dan untuk memajukan perpustakaan-perpustakaan  di Provinsi Lampung. (Novi)