Kepala UPT Perpustakaan Universitas Lampung jadi narasumber SLiMS Commeet 2019

Malahayati, – Kepala UPT Perpustakaan Universitas Lampung ibu Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T, menjadi salah satu narasumber pada Seminar dan Workshop SLiMS Community Meet Up yang disingkat dengan SLiMS Commeet. Seminar nasional mengungsung tema “meningkatkan peran pustakawan zaman now di era industri digital” telah berlangsung dua hari yaitu Kamis 22 Agustus sampai dengan Jumat 23 Agustus 2019 di Universitas Malahayati Bandar Lampung. Kegiatan ini diikuti peserta dari berbagai kalangan termasuk para pustakawan dan pengelola perpustakaan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan seluruh perwakilan komunitas SLiMS daerah, pegiat SLiMS.

Senayan Library Management System (SLiMS) adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) yang dibuat untuk memudahkan pengelolaan perpustakaan mudah, cepat dan akurat.

Dalam materinya, ibu Mardiana menyampaikan tentang industri digital dalam meningkatkan peran pustakawan. Teknologi  yang mendukung implementasi industri digital saat ini meliputi internet of things (IoT), big data, cloud computing, artificial intelligence (AI), maupun virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Di UPT Perpustakan Unila  sendiri telah dilakukan beberapa inovasi dengan menerapkan teknologi tersebut, diantaranya aplikasi Virtual Tour (VT) berbasis VR untuk pengenalan dan promosi Perpustakaan, VR untuk game perpustakaan, AR untuk navigasi pelacak lokasi pustaka, AR pada poster promosi dan lain-lain.

“Pustakawan berperan penting dalam mendukung sumber daya pengajaran yang berkualitas tinggi, semoga dengan kegiatan SLiMS Commeet ini bisa menjadi wadah berbagi pengalaman dan berdiskusi para pustakawan untuk meningkatkan wawasan, kompetensi, dan bersama-sama memperbaiki perpustakaan di masing-masing“ imbuhnya.

Dikutip dari dunia perpustakaan, kegiatan SLiMS Commeet bertujuan untuk berbagi pengalaman dan berdiskusi mengenai aplikasi SLiMS dan perkembangannya serta segala hal yang berhubungan dengan perpustakaan, baik dalam hal keilmuan, best practice hingga praktek penggunaan aplikasi SLiMS dalam bentuk workshop dan konsultasi dengan para pengembang dan pegiat SLiMS seluruh Indonesia. Dan tahun 2019, untuk pertama kalinya dilaksanakan di luar pulau Jawa, Bandar Lampung terpilih sebagai tuan rumah pelaksanaan SLiMS Commeet 2019.