Kenal Dekat Perpustakaan Unila melalui Orientasi Perpustakaan 2019/2020

UPT Perpustakaan Unila,- pada hari Senin 19 Agustus 2019 kembali menyelenggarakan Kegiatan Orientasi Perpustakaan untuk Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020. Kegiatan ini merupakan program tahunan yang diselenggarakan dalam rangkaian Propti Unila yang dikuti oleh oleh semua fakultas yang terdapat di Universitas Lampung. Penempatan pelaksanaan kegiatan ini dibagi menjadi 2 ruangan yaitu ruangan A (ruangan seminar) dan ruang B (ruangan teater) yang berada dilantai 3 Perpustakaan Unila.

Rd. Erni Fitriani, S.Sos., M.Si. sebagai Ketua kegiatan orientasi ini menyampaikan bahwa Rangkaian  kegiatan orientasi tahun ini sama dengan tahun sebelumnya tahun 2018 yaitu mahasiswa baru tidak hanya mendapatkan meteri tetapi diselingi dengan main games. Bagi kelompok yang menang games akan mendapatkan reward yaitu bingkisan dari panitia orientasi perpustakaan Unila.

Acara orientasi ini diawali dengan mahasiswa baru dipandu oleh tim pemandu luar untuk memasuki ruangan. Setelah itu dikelompokkan menjadi beberapa kelompok oleh pemandu games  dengan nama (buku, tesis, skripsi, kamus, direktori, jurnal, bibliografi, ensiklopedi, dll). Dilanjutkan dengan pengenalan perpustakaan yaitu narasumber memberikan materi yang mencakup Lokasi, Koleksi, Fasilitas dan sistem informasi yang dapat dimanfaatkan serta pengenalan Pengelola Perpustakaan Unila. Selanjutnya bermain games, dengan menjawab pertanyaan yang ada didalam games kahoot.it pertanyaan yang akan muncul merupakan rangkain materi yang telah disampaikan oleh pemateri.

Kemudian Mahasiswa baru dipandu oleh pustakawan, petugas perustakaan dan Duta Baca serta Komunitas Baca UPT Perpustakaan Unila melakukan Tour Library yaitu keliling perpustakaan untuk melihat-lihat dan belajar cara memanfaatkan perpustakaan khususnya di beberapa bagian layanan. Mahasiswa baru Dibimbing bagaimana cara menggunakan layanan penelusuran informasi koleksi dan registrasi anggota secara mandiri melalui Oline Public Access Catalog (Opac),  Digital Repository dan E-Journal serta E-book serta layanan baru yaitu layanan navigasi sentuh yang tersedia di ruang informasi lantai 1 Perpustakaan Unila. Dan pengenalan fasilitas peminjaman dan pengembalian mandiri (Kiosk)  di ruang layanan Sirkulasi. Kegiatan ini telah dilaksanakan 6 hari yaitu pada hari Senin (19/8/2019) sampai Senin (26/8/2018).

Terimakasih atas apresiasinya, selamat datang dan selamat bergabung di Universitas Lampung bagi mahasiswa baru 2019, Perpustakaan selalu siap membantu, mendukung dan menemani perjalanan kalian di Universitas Lampung.