Kelas Literasi Road to Faculty

Di era kemajuan teknologi sekarang ini banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan dengan mudah melalui media internet. Termasuk mendapatkan literatur elektronik untuk bahan penulisan karya ilmiah. Lalu bagaimana untuk mendapatkan informasi yang cepat dan tepat diantara milyaran informasi yang berserakan di internet? Web portal mana yang dapat dipertanggungjawabkan atau sekedar menjebak pencari informasi? Dalam hal ini pencari informasi memerlukan  skill penelusuran dengan menggunakan strategi pencarian yang sesuai untuk mengevaluasi informasi sehingga diperoleh  kebenaran informasi yang dibutuhkan, yaitu melalui literasi informasi.

Literasi informasi adalah kemampuan untuk tahu kapan ada kebutuhan untuk informasi dan dapat mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, serta secara efektif menggunakan informasi tersebut untuk isu atau masalah yang dihadapi. Dalam masyarakat akademik di perguruan tinggi, kemampuan literasi informasi sangat dibutuhkan oleh sivitas akademika, khususnya mahasiswa. Banyaknya informasi yang beredar melalui beragam media khususnya internet menuntut kita untuk dapat memilah dan memilih informasi yang tepat. Literasi informasi adalah tanggung jawab pustakawan untuk memberikan kepada pengguna perpustakaan, ketrampilan dalam menggunakan sumber-sumber informasi seperti jurnal, buku, bibliografi, direktori dan sebagainya, baik dalam bentuk cetak maupun non cetak (bentuk elektroniknya). Ketrampilan yang membuat pengguna menjadi familier terhadap sumber-sumber informasi dan teknologi yang terdapat di dalam perpustakaan.

Dalam rangka memeriahkan dies natalis ke-35, UPT Perpustakaan Universitas Lampung mengadakan rangkaian acara. Kelas literasi informasi road to faculty adalah salah satu dari agenda yang dilakukan oleh perpustakaan. Kegiatan ini dilakukan ke semua fakultas yang ada di Universitas Lampung, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan  Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Kedokteran dan Pascasarjana. Dalam kelas literasi informasi tersebut, tim literasi yang terdiri dari pustakawan di upt perpustakaan unila bekerjasama dengan springer untuk memberikan materi penelusuran informasi ilmiah koleksi elektronik beserta pemanfaatannya. Agenda yang dilakukan pada 2-3 Mei 2018 tersebut menargetkan meningkatnya pemanfaatan sumber elektronik oleh seluruh sivitas akademika di Universitas Lampung, investasi perguruan tinggi dalam melanggan database online dapat termanfaatkan secara optimal.

Respon kegiatan ini dari pemustaka (sivitas akademika) yang mengikuti kelas literasi road to faculty sangatlah positif, sebelumnya mereka mengeluhkan susahnya mendapatkan literatur . Dengan adanya kegiatan kelas literasi ini sangat membantu untuk menemukan sumber-sumber informasi ilmiah sehingga memudahkan mereka dalam melakukan penelitian ilmiah. Banyak peserta yang menyarankan kegiatan kelas literasi informasi ini rutin dilakukan. Sebagai contoh, Dosen Pascasarjana Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Setyo Dwi Utomo, M.Sc. mengundang Tim Literasi dari UPT Perpustakaan Universitas Lampung untuk memberikan materi tentang penelusuran informasi ilmiah dan reference manager di mata kuliah yang beliau ampu yaitu Seminar Nasional.

Kegiatan Workshop Literasi Informasi di Lingkungan Universitas Lampung merupakan salah satu upaya agar peserta menjadi terampil dalam mengidentifikasi kebutuhan informasi, menelusur informasi, mengevaluasi dan memilih informasi, menggunakannya, serta mengkomunikasikannya secara legal dan etis. Tujuan yang lain adalah untuk mengenalkan sistem informasi yang digunakan pada UPT Perpustakaan Unila dan memaksimalkan pemanfaatkan e-book dan e-journal yang sudah dilanggan UPT Perpustakaan Unila bagi dosen dan mahasiswa, yang akan sangat berguna khususnya dosen dan mahasiswa sebagai referensi dalam penelitian. Semoga bermanfaat.

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

 

Fakultas Hukum

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

 

Fakultas Pertanian

 

Fakultas Teknik

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

 

Fakultas Kedokteran

 

Pascasarjana