Kelas Literasi di MIA FEB Unila

Penelusuran informasi ilmiah yang meliputi strategi penelusuran dan teknik akses jurnal nasional/ internasional yang dilanggan Unila maupun yang tidak, merupakan bagian dari materi kelas Literasi yang diselenggarakan UPT Perpustakaan Unila. Kali ini (Jum’at 27 Oktober 2017) bekerjasama dengan Magister Ilmu Akuntansi (MIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Lampung, UPT Perpustakaan Unila kembali mengadakan kelas literasi tersebut. Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian seminar series MIA FEB Unila yang rutin digelar setiap bulan. Acara dilaksanakan diruang seminar gedung pascasarjana FEB dan dihadiri oleh Dekan FEB, dosen dan mahasiswa.

Pada sesi pertama Kepala UPT Perpustakaan Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T. memaparkan materi mengenai e-resources yang ada baik itu yang dilangganan Universitas Lampung, Perpusnas ataupun yang Open Access. Pada kesempatan ini juga, para peserta  diberikan pemahaman mengenai strategi penelusuran informasi yang cepat dan efektif dengan menggunakan logika boolean serta cara akses jurnal internasional terindex DOAJ, Scopus dan Thomson Router.

Sesi berikutnya materi pengenalan reference manager serta kegunaanya dilanjutkan dengan praktik mulai dari tahap instalasi software mendeley yang merupakan salah satu contoh dari beberapa reference manager yang ada saat ini. Setelah instalasi software, peserta dipandu tim pustakawan UPT PerpustakaanUnila untuk berlatih mencoba membuat daftar pustaka dan kutipan secara cepat dan tepat dengan menggunakan mendeley.

Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, para peserta dapat mengetahui strategi penelusuran, e-resources yang ada serta dapat menggunakan reference manager untuk mempermudah penulisan karya ilmiah mereka. [/Kat]