DUTA BACA PERPUS UNILA HADIRI TALK SHOW GERAKAN LAMPUNG MEMBACA BERSAMA NAJWA SHIHAB

Kamis 28 September 2017, Duta Baca Perpustakaan Unila 2017 yang dalam hal ini diwakili oleh Duta Baca Putra Ahmad Afan Efendi menghadiri acar Talkshow Gerakan Lampung Membaca yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung dan bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Lapangan Korpri Provinssi Lampung.

Adapun yang menjadi narasumber dalam acara tersebut adalah M. Syarif Bando (Kepala Perpustakaan Nasional RI), M.Ridho Ficardo, S.Pi. M.Si. (Gubernur Lampung), Dedi Aprizal (Ketua DPRD Prov. Lampung), Najwa Shihab (Duta Baca Indonesia), M.Hasan Ashari (Penggiat Literasi Lampung).

Najwa Shihab dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal diantaranya  membahas tentang minat baca di Indoenesia. Dalam minat baca, Indonesia menempati peringkat ke 60 dari 61 negara. Sangat miris sekali, sehingga ketika Najwa diberi amanah menjadi duta baca indonesia oleh perpusnas, tentu menjadi hal yang sangat menakutkan dan mengkhawatirkan akan kenyataan tersebut. Kemudian Najwa Shihab juga mengajak kepada masyarakat untuk membudayakan membaca. “Mulailah membaca dari buku yang paling kalian suka, mulai dari k-pop, sepak bola, majalah, koran, dan sebagainya. Pada intinya mulailah biasakan membaca dari buku yang kalian suka, dan mulai budayakan lah membaca pada buku buku yg berbobot yang mencerdaskan anda”.

Selain itu Ahmad Afan Efendi sebagi duta baca Perpustakaan Unila yang berkesempatan untuk foto bersama Najwa shihab ini memberi komentar terkait acara tersebut “Acara hari ini merupakan gerakan awal mengajak masyarakat indonesia, dan lampung terutama untuk gemar membaca. Menurut saya acara ini sangat berkesan dan menarik, melihat permasalahan minimnya minat baca masyarakat indonesia semoga ada upaya real yang bisa kita lakukan bersama untuk mengatasinya. Semoga acara tersebut dapat menggugah hati seluruh peserta untuk gemar membaca, dan mengajak orang orang disekitar mereka untuk membudayakan membaca”. 

Afan juga menyampaikan harapan kepada mahasiswa Universitas Lampung agar  membudayakan membaca “Harapan saya setiap mahasiswa, Unila terutama, untuk lebih gemar membaca. Membudayakan membaca, dan membiasakan membaca. Tak harus dengan menggendong atau menenteng buku jika malu dikatakan kutu buku. Karena kita sudah berada di zaman digitalisasi, dimana dunia ada di genggaman kita. Kita bisa akses beribu situs bacaan secara gratis melalui gadget kita.  Jadi tidak ada alasan untuk tidak membaca”. [/Robi]