Pengumuman Duta Baca Perpustakaan Unila 2018

Duta baca merupakan pemegang peran penting sebagai publik figur atau motivator dunia perpustakaan  dalam mengempanyekan kebiasaan membaca dan penggerak dalam menumbuhkan minta baca masyarakat. UPT Perpustakaan Unila telah menggelar pemilihan Duta Baca pada bulan April 2018. Rangkaian seleksi telah dilaksanakan, untuk seleksi berkas ada 17 finalis duta baca terpilih yang diumumkan pada tanggal 12 Mei 2018. Dilanjutkan dengan seleksi wawancara pada tanggal 14-16 Mei 2018 bersama Kepala UPT Perpustakaan Unila Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T. dan Koordinator ruang layanan Referensi Anita Ekarini, S.Sos. M.Si. Dan telah telah dilaksanakannya pengenalan komunitas baca 2017 dengan finalis duta baca 2108 pada tanggal 19 Mei 2018. Berdasarkan hasil penilaian pada seleksi Duta Baca 2018,  dewan juri  telah memutuskan pemenangnya, berikut pemenang  Duta baca 2018.

Duta Baca Putra :

Bima Novian (Fakulats ISIP Jurusan Ilmu Administrasi Negara )
Prestasi yang pernah diraih yaitu

    1. Juara 3 Mekhanai Lampung Barat 2016
    2. Juara 1 Pidato Bahasa Lampung HUT Lampung Barat
    3. Penampil Terbaik Festival Sekala Brak Lampung Barat

 

Duta Baca Putri :

Luvita Loves (Fakultas MIPA Jurusan Matematika)
Prestasi yang pernah diraih yaitu

  1. Juara 2 LombaDiskusi Parade Cinta Tanah Air tingkatMahasiswaProvinsi Lampung ( 2016 )
  2. Juara FavoritPutri Duta MahasiswaGenReProvinsi Lampung ( 2016 )
  3. Juara 2 Putri Duta MahasiswaGenReUniversitas Lampung ( 2016 )
  4. Finalis Duta Baca UPT PerpustakaanUniversitas Lampung ( 2017 )
  5. Perwakilan Lampung dalamkegiatan Kemah GerakanMengajar ( KGM ) oleh Indonesia Mengajar se-Indonesia di Jakarta ( 2018 )

 

Wakil Duta Baca Putra :

Kurnia Hadi Saputra (Pendidikan Kedokteran )
Riwayat pengalaman :

  1. Peserta : Lomba Menulis Artikel Parade Cinta Tanah Air 2013, Kementrian Pertahanan Republik Indonesia
  2. Peserta : Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional Phylosophy Essay Competition (PEC) 2014, UGM
    Peserta : OSN (Olimpiade Sains Nasional) Bidang Komputer Tingkat Kabupaten 2014
  3. Peserta : Pelatihan Ilmiah dan Seminar Kesehatan Healthy Diet for Perfect Body 2016, UNSRI
  4. Peserta : Seminar Nasional dan Workshop Kefarmasian 2016, UNSRI
  5. Peserta : Juara 3 Lomba Kaligrafi 2016, FK UNILA

 

Wakil Duta Baca Putri :

Widya Ayu (Pertanian Jurusan Agroteknologi)
Prestasi yang pernah diraih yaitu

  1. Juara 3 Story Telling JSEC on Earth 3 STAIN Jurai Siwo Metro Provinsi Lampung (2012)
  2. Juara 2 Cipta Cerpen Festival Musik dan Seni Antar Pelajar Kabupaten Lampung Utara (2012)
  3. Praktikan Ter-briliant BBQ Awards Fakultas Pertanian Universitas Lampung (2013)
  4. Pengajar Bahasa Inggris Forum Ilmiah Mahasiswa Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lampung (2014)
  5. Juara 1 Cipta Puisi Dalam Rangka Menyambut Hari Ibu Birohmah Unila Tk. Nasional (2015)
  6. Asisten Dosen Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Tanah Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lampung (2015)
  7. Tenaga Magang di PT. Great Giant Food Lampung Tengah sebagai Analis (2016)
  8. Asisten Dosen Mata Kuliah Dasar-Dasar Ilmu Tanah, Perencanaan Pertanian, dan Konservasi Tanah dan Air Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Lampung (2017)
  9. Penulis Buku Renjana, Juri Lomba Menulis Cerita Mini TK.Nasional Aplikasi Sweek (2018)

 

UPT Perpustakaan Unila mengucapkan Selamat kepada para Duta Baca dan Wakil Duta Baca Perpustakaan Unila 2018. Serta mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan keikutsertaan Anda sebagai peserta Seleksi Duta Baca Perpustakaan Unila 2018. Selamat bergabung kepada semua finalis yang otomatis menjadi anggota Komunitas Baca di Perpustakaan Unila. Keanggotaan komunitas baca tidak terbatas hanya pada finalis duta baca, namun dapat juga diikuti oleh seluruh peserta bahkan seluruh mahasiswa Unila dengan ketentuan yang berlaku.

 

 

Finalis Duta Baca dan Anggota Komunitas Baca 2018

  1. Innamaa Trina
  2. Bima Novian
  3. Eka Sandra Amelia Sari
  4. Zara Paradita
  5. Manda Juniawan
  6. Erwan Musaddad, S.Sos.
  7. Nuri Oktavia
  8. Iis Ratna Sari
  9. Widiya Astuti
  10. Fajria Eka Safitri
  11. Santri Mulia
  12. Kurnia Hadi Saputra
  13. Muryadi Saputra
  14. Luvita Loves
  15. Widya Ayu
  16. Yayu Asnaini
  17. Kiki Novilia

 

Finalis Duta Baca dan Anggota Komunitas Baca 2018

 

Pendampingan Persiapan Audit Surveillance Ke-2 Manajemen Mutu ISO 9001;2015

UPT Perpustakaan Unila menyelenggarakan kegiatan Pendampingan Persiapan Audit Surveillance Ke-2 Manajemen Mutu  ISO 9001;2015. Kegiatan ini berlangsung dua hari, tanggal 30 s/d 31 Juli 2018, yang di ikuti oleh pimpinan, koordinator divisi beserta aggota ISO Perpustakaan Unila. Bertempat di Ruang Theater lantai 3 UPT Perpustakaan Unila. Dalam kesempatan ini Perpustakaan Unila bekerjasama dengan Herati Sekar Puri dan Priska Oktaviani dari Konsultan Parantapa sebagai konsultan pendamping.

Rangkaian acara pendampingan audit dimulai pada hari pertama Senin (30/7) dengan pembukaaan oleh ibu Kepala UPT Perpustakaan Unila Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T. Kemudian penjelasan tentang agenda kegiatan pendampingan ISO yaitu : 1. Tinjauan efektifitas perbaikan temuan assesment 2. Tinjauan efektifias dokumen meliputi penerapan dan perubahannya 3. Tinjauan efektifitas perbaikan temuan audit internal dan tinjauan management oleh konsultan pendamping.

Dan dilanjutkan dengan sesi Cek implementasi, Cek hasil temuan audit eksternal tahun lalu ,  Cek kesiapan dokumen eksternal dimasing-masing ruangan dimulai dengan pertemuan dengan top manajemen (Kepala UPT Perpustakaan Unila). Sesi berikutnya adalah pertemuan dengan TU (Noni Agustini, S.E,M.M,), Divisi Pengadaan (Karjoso, S.Sos), Divisi Pengolahan Bahan Pustaka (N. Suharyati,S.Pd.), kelompok pustakawan (Sumarno, S.Sos, M.M),  dan Divisi Layanan Referensi (Anita Ekarini, S.Sos). Pada hari kedua Selasa (31/7), dilanjutkan dengan pertemuan Sub Divisi Layanan Karya Ilmiah (Ery Elyasari, S.I.Kom), Divisi Layanan Sirkulasi (Rd. Erni Fitriani, S.Sos), Sub Divisi Layanan Cadangan (Teti Novianti, A.Md) Divisi Layanan Teknologi Informasi (Endah Kurniasari, S.I.Kom). Setelah istrahat dilanjutkan pertemuan dengan Wakil Manajemen Mutu (Karjoso, S.Sos) dan sekaligus penutupan.

 

Konsultan pendamping menyampaikan bahwa dalam hasil temuan masih terdapat beberapa point yang harus direvisi pada saat pengecekan serta penjabaran melalui SOP dan IKA. Dan terakhir ditutup  dengan doa bersama yang dipimpin oleh bapak Karjoso, S.Sos. Semoga kedepannya pegawai Perpustakaan Unila semakin bertanggung jawab dan bekerjasama dalam mencapai visi dan misi Perpustakaan Unila. Aamiin…

 

 

 

 

 

 

Hangatnya Kebersamaan antar Pegawai Perpustakaan (Outbound 2018)

 

Dalam rangka membentuk kebersamaan (team work) yang solid dan mempererat hubungan antar pegawai. UPT Perpustakaan Unila melaksanakaan kegiatan outbound yang bertemakan “Sinergy Team Building” Individually, we are one drop. Together, we are an ocean (Ryunosuke Akutagawa) yang telah dilaksanakan pada Sabtu, 15 Juli 2018 di Pulau Tegal Mas. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai UPT Perpustakaan Unila.

 

 

 

Rangkaian kegiatan outbound terbagi menjadi 3 sessi penting oleh panitia yaitu sessi I Ice Breaking, Grouping & Yell-yell (games ; Tarzan & Jane, Samurai, 1..2..2..eo…dsb). Untuk melanjutkan ke sessi II Trust Building – Games ; helicopter view, trust fall. Para peserta dibagi menjadi 4 kelompok masing-masing kelompok memberi nama sebutan untuk kelompoknya seperti  Kambing Bandot (kelompok 1) , Kucing Garong (kelompok 2) , Ayam Jago (kelompok 3) , Macan Loreng (kelompok 4).

Sebelum melanjutkan ke sessi selajutnya peserta makan dan shalat dzuhur. Aktifitas  sessi III yaitu Team Dynamic & Problem Solving – Games : buldozer, magic carpet water transfer. Tujuan dari masing-masing kegiatan untuk memeriahkan suasana, memberikan pemahaman kepada peserta pentingnya membangun dan mengembangkan rasa saling percaya, saling membutuhkan dan untuk memberikan pemahaman kepada peserta mengenai unsur-unsur penting yang ada dalam suatu tim, seperti Emphaty, Awareness, Care Each Others, dsb.

 

Kegiatan games outbond diakhiri dengan Final Project : Spirit of fire / Paintball war games simulasi yang bertujuan untuk mengingatkan peserta akan visi misi bersama. Kemudian peserta melakukan evaluasi dari kegiatan yang sudah dilakukan, dimana 4 hal dasar posisi diri sendiri yang harus diperhatikan dalam sebuah team work yaitu I’m ok – you’re not ok (terlalu merendahkan orang lain), I’m not ok – you’re ok (tidak percaya diri), I’m not ok – you’re not ok (tidak mau melihat orang lain bisa) , I’m ok – you’re ok (percaya kepada diri sendiri dan percaya terhadap orang lain). Dari ke 4 posisi yang harus dimiliki dalam sebuah tim yaitu i’m ok – you’re ok posisi yang menggambarkan sisi positif dalam hidup dimana yang dimaksud bahwa didalam suatu tim tersebut yang harus dianggap musuh yaitu diluar tim.

 

Rangkaian kegiatan outbond telah dilaksanakan dengan lancar dan meriah. Acara Tukar Kadopun menambah kemeriahan dan keseruan suasana outbound. Semoga dengan kegiatan outbound ini bisa menumbuhkan rasa memiliki tanggung jawab, saling membantu dalam tim dan kepedulian antar pegawai begitu pemaparan oleh Kepala UPT Perpustakaan Unila Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T. Kegiatan ditutup dengan doa bersama pegawai UPT Perpustakaan Universitas Lampung.

 

 

 

 Outbound UPT Perpustakaan Unila

 

Berkahnya Ramadhan dengan Berbagi Keceriaan

UPT Perpustakaan Unversitas Lampung (Unila) bekerjasama dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Lampung dan Komunitas Baca Pringsewu yang didukung oleh Komunitas Baca Bergerak menyelenggarakan agenda bakti sosial pada 29 Mei 2018 di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) “Ummul Mukminin Aisyah Binti Abu Bakar Binti Abu Bakar” di Jalan Palapa No. 01 Telp. (0729) 22435 Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu-Lampung 35373. Agenda yang bertepatan pada saat bulan suci Ramdhan ini menggelar tema Komunitas Baca Perpustakaan Unila Bergerak : Pembinaan Masyarakat, dengan tema Berbagi untuk sesama menuju kemenangan (masyarakat cerdas) dengan menyalurkan bantuan donasi yang telah di kumpulkan dari 14 Mei 2018 dari banyak kalangan yang berupa buku bekas, pakaian, alat sholat yang layak pakai, infaq sedekah serta berbagi ta’jil.

 

 

Acara tersebut di hadiri oleh pustakawan, pegawai perpustakaan Unila, mahasiswa Unila yang tergabung dalam komunitas baca Unila, komunitas literasi Pringsewu, , anggota FPPTI Lampung dari berbagai Universitas di Lampung dengan perwakilan, Amri Yahya, A.Md (ITERA), Dwi Indriyani, A.Md (ITERA), Hj. Ellis Seriawati, M.Pd (UM Metro), Dharma Ek, A.Md (UM Metro), Rahayu Herna, A.Md (Akper dan Akbid Panca Bhakti). Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan, sambutan dari Perwakilan dari Panti Asuhan dan Komunitas Literasi Pringsewu dan ketua FPPTI  sekaligus merangkap ketua UPT Perpustkaan Universitas Lampung yaitu Ibu Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T. Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Donasi secara simbolis oleh UPT Perpustakaan Unila, Komunitas Baca Unila, dan FPPTI Lampung kepada Pengasuh Panti Asuhan Ummul Mukminin Aisyah Binti Abu Bakar dan kepada pengelola taman baca komunitas literasi Pringsewu. Sebelum kegiatan berupa sosialisasi dan sharing mengenai materi Perpustakaan, diadakan Tausyiah mengenai keutamaan Ramadhan yang diikuti oleh seluruh panitia dan peserta. Selanjutnya kegiatan ini dibagi dalam empat (4) tema dan dilaksanakan di dua (2) kelas paralel.

 

Sharing Pengelolaan Perpustakaan dan kreativitas pustakawan untuk menarik minat baca anak-anak diikuti oleh pustakawan bersama Komunitas Literasi Pringsewu dan anggota FPPTI Lampung. Kegiatan ini berupa pemberian materi, diskusi dan tanya jawab antar  pustakawan Unila, anggota FPPTI Lampung dan dari perwakilan pengelola komunitas literasi Pringsewu dengan peserta yang hadir sebanyak 48 orang.

Sedangkan Story telling, Game/ Permainan dipandu mahasiswa komunitas baca Unila yang diikuti oleh anak-anak panti asuhan. Kegiatan ini berupa kegiatan bercerita pada anak-anak dengan menggunakan teknik, gaya, intonasi, dan alat bantu yang menarik minat bagi pendengar. Game atau permainan yang diberikan kepada peserta mengadopsi permainan Ranking 1 (disingkat R1) adalah salah satu acara kuis Indonesia. Dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang peserta.

Semoga dengan kegiatan ini menumbuhkan rasa persaudaraan antar mahasiswa, staf Perpustakaan dengan masyarakat setempat. Serta menambah rasa syukur atas nikmat yang Allah  berikan. Aamiin…..

Pengumuman Pemenang Lomba Dalam Rangka Dies- 35 Perpus Unila

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri  yang telah dilaksanakan pada 24 April 2018 s.d 04 Mei 2018 untuk kegiatan lomba dalam rangka dies natalis ke-35 UPT Pepustakaan Unila.
Pemenang lomba telah diumumkan pada puncak dies perpustakaan Unila Sabtu 05 Mei 2018 setelah acara jalan sehat.

Adapun untuk lomba dibagi menjadi 2 kategori lomba yaitu

  1. Lomba Antar Pegawai Perpustakan,
  2. Lomba Untuk Mahasiswa Unila.

Berikut daftar nama pemenangnya :

No Jenis Lomba Award Nama Pemenang
1

 

 

 

 

 

Pegawai

 

 

 

 

 

Pegawai  Terfavorit

 

Terbaik Rd. Erni Fitriani, S.Sos., M.Si. (Layanan Sirkulasi)

Lomba Karaoke

 

Pop Terbaik Firlia Dewi Hidayah, A.Md.
(Layanan Referensi)
Dangdut Terbaik Robidin, S.I.Kom (Layanan Verifikasi)

Lomba Kebersihan

 

Ruang Terbaik Ruang Referensi

Pegawai Terbaik Al Azhar (Staf Kebersihan Lantai 1)

Lomba Shelving

 

Terbaik Rudi Noveri Karo-Karo & Dito Nipati (Layanan Sirkulasi)

2

 

 

 

 

 

 

 

Mahasiswa

 

 

 

 

 

 

 

Pegawai Layanan Terfavorit

 

Terbaik Danang Rahmat Suganda, A.Md.
(Layanan Sirkulasi)
Pegawai Layanan Teramah

 

Terbaik Reta  Surya, S.P. (Layanan Sirkulasi)
Peminjam Terbanyak (Periode 1 April 2017 s.d 30 April 2018) Terbaik  Fadilla Chintiya Dewi (Fakultas/Jurusan : FKIP / Bahasa dan Sastra Indonesia)
Pengunjung Tersering (Periode 1 April 2017 s.d 30 April 2018) Terbaik  Indra Kusuma (Fakultas/Jurusan : FISIP/Ilmu Komunikasi)
Lomba Vlog

 

 

 

Terbaik 1 Frischiella Mustika Sari Siregar (Fakultas/Jurusan : Teknik/Teknik Geofisika)

Terbaik 2 Ajeng Dini Utami (Fakultas/Jurusan : FISIP/Ilmu Adm Bisnis)

Lomba Fotografi

 

 

 

Terbaik 1 Suci Prischayani Pertiwi (Fakultas/Jurusan : Teknik/Teknik Elektro)

Terbaik 2 Rima Nugrahiya Putri (Fakultas/Jurusan : FMIPA/Matematika)

 

Selamat kepada pemenang lomba acara dies natalis ke-35 UPT Pepustakaan Unila, harapannya kedepan semoga dapat terus bersemangat dalam berkarya.

Kepada para peserta lomba, kami panitia acara dies natalis ke-35 UPT Pepustakaan Unila  mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan antusiasmenya. Sampai jumpa dilain kesempatan dan tetaplah berkreasi.

 

Info Selengkapnya :
Untuk semua peserta lomba Vlog dan Fotografi dies Perpustakaan bisa mengambil sertifikat pesertanya dan bagi pemenang lomba yang belum mengambil hadiah dan sertifikat bisa menghubungi Perpustakaan Unila Ruang Litbang dan Kerjasama Lantai 2,Telp/WA : 0822-7837-2903 (UPT Perpustakaan Unila / Novi) Email :  library@kpa.unila.ac.id