ADAKAN SOSIALISASI E-BOOK, “Mesti Dimanfaatkan Dengan Maksimal”

UPT Perpustakaan Universitas Lampung kembali mengadakan Sosialisasi e-book bagi Dosen dan Mahasiswa di lingkungan Unila. Acara yang diadakan hari Senin 20 Maret  tepatnya pukul 9.00WIB dibuka oleh Kepala Perpustakan. Dalam sambutannya dia berharap agar dengan adanya sosialiasi ini maka semakin banyak dosen dan mahasiswa yang mengakses e-book yang telah dilanggan oleh perpustakaan sebanyak 272 judul (anggaran th. 2016). Judul dari ebook tersebut meliputi hampir seluruh disiplin ilmu yang ada di Unila. Karena sangat disayangkan, jika e-book yang sudah dibeli tidak dimanfaatkan secara maksimal.

Dr. Eng. Mardiana, S.T., M.T. Membuka Acara Sosialisasi Penelusuran E-Book

Dalam acara yang diikuti oleh 75 peserta yang berasal Ketua Program Studi dan perwakilan mahasiswa ini dilaksanakan di Ruang Auditorium  Lantai 3 Gedung Perpustakaan ini  menghadirkan 3 narasumber dari agen penyedia layanan e-book.

Clara Pinta RJ. dari Ebsco/Cambridge

Sesi pertama diisi oleh Narasumber dari Ebsco/Cambridge yaitu Clara Pinta Ruth Juandani. Sesi ini selain pemaparan juga diselingi oleh beberapa pertanyaan dari peserta yang sangat antusias dengan kegiatan sosialisasi ini. Sesi kedua disampaikan oleh perwakilan dari CenGage Learning (Gale) Okie S. Budiman. Dan terakhir diisi dari perwakilan Wiley, yang disampaikan oleh Retno Sugiarti. Secara garis besar, ketiga narasumber ini menyampaikan cara  menelusur dan  memanfaatkan e-book yang telah dibeli oleh Unila.

Okie S. Budiman dari CenGage Learning

Sosialisasi ini hanya sebagai tahap awal dari inisiasi pengenalan e-book yang sudah dimiliki oleh UPT Perpustakaan Unila. Setelah acara perpustakaan telah menjadwalkan Roadshow ke Fakultas, Jurusan, maupun Prodi yang ada di Lingkungan Unila. Sehingga diharapkan dosen, mahasiswa, maupun seluruh civitas akademika dapat memanfaatkan koleksi e-book yang dimiliki secara maksimal.(N/R)

Retno Sugiarti dari perwakilan Wiley
Foto bersama, Kepala Perpustakaan, Pemateri dan Peserta
Kepala Perpustakaan Berdiskusi disela-sela acara dengan Peserta

Sosialisasi Pemanfaatan Koleksi Ebook Perpustakaan Unila

Unila melalui UPT Perpustakaan telah membeli ebook (Penerbit Cambridge, Wiley, Ebsco, Gale) sebanyak 272 judul (anggaran th. 2016). Judul dari ebook tersebut meliputi hampir seluruh disiplin ilmu yang ada di Unila dan diambil dari hasil survei kebutuhan koleksi yang dilakukan bersama dengan program studi pada tahun 2015. Adapun judul ebook tersebut dapat dilihat/diunduh dari https://library.unila.ac.id.

Untuk itu, agar koleksi Ebook tersebut dapat diketahui dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh sivitas Unila, maka kami mengundang Bapak/Ibu/Saudara/i Dosen dan Mahasiswa, sekiranya dapat hadir pada acara Sosialisasi Pemanfaatan Koleksi Ebook Unila pada :

Hari/Tanggal : Senin/20 Maret 2017

Pukul : 09.00 WIB sd 11.00 WIB

Tempat : Ruang Seminar Lt. 3 UPT Perpustakaan Unila

Fasilitas : Seminar kit dan materi, Sertifikat, Snack.

Pendaftaran/ keterangan lebih lengkap dapat menghubungi UPT Perpustakaan Unila email : library@kpa.unila.ac.id  atau PABX : 808.

Akses Ebook dan Ejournal dilanggan Unila 2016/2017

 

Daftar Keterlambatan Pengembalian Pinjaman Buku

 

Berikut daftar peminjaman buku yang melewati batas waktu kembali (terlambat) bagi mahasiswa Universitas Lampung sampai dengan tanggal 2 Februaru 2017. Tagihan ini bertujuan untuk mengingatkan peminjam agar tidak menunda pengembalian buku lebih lama lagi yang berakibat denda semakin bertambah. Selain itu agar dapat diketahui secara pasti bagaimana kondisi koleksi milik Perpustakaan yang berstatus dipinjam tersebut. Hubungi bagian layanan sirkulasi Perpustakaan Unila untuk konfirmasi.

Continue reading “Daftar Keterlambatan Pengembalian Pinjaman Buku”

Distribusi buku Hibah The Asia Foundation (TAF) 2017

Pada hari ini, senin tanggal 31 Januari 2017 di Perpustakaan Unila sebagai Sekretariat FPPTI wilayah Lampung, telah mulai dilakukan seleksi, penghitungan dan pendistribusian buku hibah TAF 2017. Kegiatan pendistribusian tersebut dilakukan secara bersama sama dengan beberapa anggota FPPTI Wilayah Lampung. Kegiatan dimulai dengan membuka kardus buku sebanyak 25 buah, menjajarkan sesuai judul agar mudah dilakukan pemilihan buku, selanjutnya mengambil buku berdasarkan daftar pembagian per Perguruan Tinggi. Jumlah seluruh buku hibah TAF adalah 143 judul 1591 eks.


 

Akses Ebook dan Ejournal dilanggan Unila 2016/2017

Unila melalui UPT Perpustakaan telah melanggan Springer ejournal sebanyak 977 judul dan membeli ebook (Penerbit Cambridge, Wiley, Ebsco, Gale) sebanyak 272 judul (anggaran th. 2016). Emerald ejournal sebanyak 205 judul melalui fakultas Ekonomi. Content dari ejournal dan ebook tersebut meliputi hampir seluruh disiplin ilmu yang ada di Unila dan diambil dari hasil survei kebutuhan koleksi yang dilakukan bersama dengan program studi pada tahun 2015. Adapun judul ejournal dan ebook tersebut yang di langgan dapat diunduh dari https://library.unila.ac.id.
Keterangan dari masing masing akses tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Springer ejournal, masa akses berlangganan ejournal sejak bulan Des 2016 hingga Des 2017. Emerald ejournal, masa akses hingga Des 2017
    Akses melalui https://library.unila.ac.id pilih icon Springer/Emerald,
    atau langsung pada
    URL : http://link.springer.com ; URL : http://www.emeraldinsight.com.
    Akses tanpa password jika melalui komputer didalam jaringan Unila, sedangkan akses dari luar Unila dapat dilakukan jika sudah terdaftar atau melakukan registrasi (sign up) pada laman tersebut ketika menggunakan jaringan Unila. Untuk Emerald dapat menghubungi petugas di fak Ekonomi.
  2. Ebook berstatus beli dengan hampir seluruhnya dapat diakses secara multiuser. Akses melalui https://library.unila.ac.id pilih icon publisher (Cambridge, Wiley, Ebsco, Gale), atau langsung melalui URL :

1.      GALE

URL: http://infotrac.galegroup.com/itweb/ptn052?db=GVRL

2.      EBSCO

URL: http://search.ebscohost.com

3.      CAMBRIDGECORE

URL: htttp://www.ambridge.org/core

4.      WILEY

URL: http://wiley.com

Keterangan:

*Akses tanpa password jika melalui komputer didalam jaringan Unila, sedangkan akses dari luar Unila Login dan Password dapat menghubungi Petugas Perpustakaan.