1 Masuknya perkuliahan tahun ajaran baru 2014 mahasiswa Universitas Lampung, berdampak positif terhadap Perpustakaan Universitas Lampung, Salah satu bagian layanan sirkulasi, pengunjung mulai berdatangan, terutama mahasiswa baru tahun 2014. Dari pagi pukul 08.00 WIB mahasiswa sudah menunggu di depan perpustakaan, begitu perpustakaan di buka sudah ada mahasiswa yang ikut masuk, padahal petugas baru akan bersih-bersih dan mempersiapkan peralatan kerjanya. Tidak ketinggalan mahasiswa senior juga silih berganti berkunjung ke perpustakaan untuk mencari buku untuk kebutuhan tugas kuliahnya.

Bersamaan dengan itu, Perpustakaan Unila  saat ini juga sedang memberikan layanan registrasi keanggotaan perpustakaan kepada mahasiswa baru. Sehingga  pengunjung perpustakaan terlihat banyak jumlahnya,  baik yang mencari buku, belajar dan registrasi anggota baru.

Pada layanan sirkulasi adalah yang paling sibuk dan penuh dikunjungi mahasiswa, bahkan ada yang membaca di bawah dan begitu juga di ruang layanan bahan pustaka  lainnya, terlihat dipenuhi oleh para mahasiswa baik yang sedang belajar maupun mencari buku.2

Kalau kita bandingkan dengan tahun lalu mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan jauh lebih banyak, hal ini dikarenakan fasilitas ruangan khususnya ruang sirkulasi sudah difasilitasi pendingin ruangan (AC), walaupun masih kurang dingin, tetapi sudah membuat pembaca tenang dan sejuk, dan memiliki daya tarik untuk meningkatkan minat baca dan berkunjung ke perpustakaan.

Fasilitas lain yang merupakan daya tarik pengunjung meningkat adalah tersedianya Wifi atau Hotspot gratis di perpustakaan, Selain membaca buku banyak juga yang  membawa laptop untuk melakukan browsing di perpustakaan.

Perpustakaan Unila dalam perkembangan era teknologi informasi ini, telah berusaha untuk meningkatkan layanan informasinya melalui teknologi informasi. Seperti jika akan mencari informasi tentang judul-judul buku, skripsi, tesis, maka dapat mengakses melalui Web Perpustakaan Unila library.unila.ac.id, di web tersebut telah disediakan fitur-fitur penelusuran informasi mengenai, e-jurnal, e-book, opac.unila.ac.id, dan e-skripsi, e-tesis yang dapat diakses secara online dan full teks melalui digilib.unila.ac.id.

3Foto0719Foto0733

 

Foto0725

 

 

ergKesempatan access trial dari Britannica Online Academic Library dan Britannica Image Quest bagi civitas Unila.

 Britannica Online Academic Library adalah sebuah encyclopedia online yang menyediakan jutann konten (audio, video, artikel, gambar, grafik, dan sebagainya) untuk keperluan penelitian. Dengan membuat workspace sendiri pada “My Britannica Space”, pengguna dapat mengambil, menambah, menyimpan, membagikan konten apapun yang bermanfaat.

Britannica Image Quest menyediakan konten gambar pendidikan. Semua gambar dapat bebas digunakan untuk kepentingan non komersil, pendidikan dan bermanfaat untuk pembuatan Lesson Plann, Kurikulum Pembelajaran maupun aktifitas lainnya dalam institusi pendidikan.

Akses trial diberikan mulai Rabu, tanggal 1 sampai dengan 30 Oktober 2014, dengan cara mengakses www.britannica.com melalui jaringan komputer dalam Universitas Lampung.

Sekilas tentang fitur – fitur yang ada :

Britannica Online Academic Library :

  • Encylopedia Britannica
  • News Feed (BBC, New York Times)
  • Dictionary of Quotations
  • Web’s Best Sites
  • EBSCO Journals & Magazine
  • Personalised Workspace
  • World Data Analyst
  • Multimedia
  • E-book & Primary Sources
  • Britannica’s Web Search
  • Video Collection
  • Spotlights
  • Timelines
  • Interactive World Atlas
  • Merriam
  • Webster Dictionary & Thesaurus 

regeg

Akses gambar dalam Britannica Image Quest

  • Primal Pictures
  • Mondadori Electa
  • Chicago History Museum
  • akg-images
  • Getty Images
  • Image Quest Marine
  • National Geographic Society
  • Oxford Scientific(OSF)
  • SuoerStock -Encylopedia Britannica
  • First Light Images
  • Garden Picture Library
  • Royal Geographical Society
  • Science Photo Library
  • The Granger Collection
  • View Pictures

 

 

 

Satu lagi kesempatan access trial pada bidang engineering dari IEEE/IET Electronic Library (IEL) database. Access trial berlaku mulai tanggal 22 September – 6 Oktober 2014 dengan URL  :  http://www.ieee.org/ieeexploreAkses dapat dilakukan melalui komputer di dalam jaringan Unila.

IEEE Xplore digital library terdiri dari :

-        IEEE Journals

-        IEEE Conferences

-        IEEE Standards

-        eBooks

-        Educational Courses

-        Partner Content

Untuk mengetahui detil produk, silahkan  kunjungi www.ieee.org/digitalsubscriptions dan klik pada IEL Online.

New Picture (8)Baru baru ini Perpustakaan Universitas Lampung menyelenggarakan Pelatihan Otomasi Perpustakaan pada tanggal 16 s.d 18 September 2014 bertempat di ruang Seminar Perpustakaan Unila. Tema pelatihan adalah “Membangun Katalog Induk Bersama” Dalam acara pelatihan tersebut di buka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademis Unila Bapak Prof.Dr. Hasriadi Mat Akin, MSc. Dalam sambutan beliau menyampaikan antara lain: sejak menjabat WR I, ingin sekali mengintegrasikan seluruh ruang baca, kenapa demikian, karena fakultas akan kita dorong untuk mengadakan anggaran pengadaan, oleh sebab itu yang akan datang kita bangun perpustakaan atau ruang baca, apakah namanya di setiap fakultas, dan kita akan dorong para dekan untuk menganggarkan untuk manambah koleksi. Sehingga pada suatu saat kita akan mencapai angka idealnya berapa jumlah mahasiswa, berapa jumlah koleksi, koleksi di pepustakaan, di ruang baca harus dapat di akses dari mana saja. Saya berharap bahwa di mana saja pengguna dapat mengetahui buku yang dicari di mana tempatnya, artinya saling mengakses antara perpustakaan dan ruang baca.

Dengan jumlah mahasiswa yang sudah lebih dari 30.000 orang. Jika iklim akademiknya bagus, denyut perpustakaan ini dianggap suatu urat nadi pendidikan di Unila, barang kali kita dapat menganjurkan pertambahan gedung jika gedungnya tidak cukup, gedungnya masih banyak yang kosong, 30.000 mahasiswa setiap hari masuk ke kampus, oleh sebab itu mari kita benahi perpustakaan ini. Perpustakaan modern sekarang tidak hanya tempat mencari buku, tapi tempat juga tempat orang mencari inspirasi, tempat orang diskusi, dan sebaginya. Dan dipermudah lagi sekarang kita tidak perlu lagi  menganggarkan  personal computer (PC) yang mahal, 500 PC harganya sudah berapa, tapi dengan mahasiswa yang 100% punya laptop lembaga kita membuat hotspot (WIFI)  yang baik, dan itu tidak semahal kita menganggarkan PC yang ratusan buah itu, kita fasilitasi ruangan hotspot dan printernya itu buat catatan untuk perpustakaan supaya perpustakaan ini bisa didayagunakan tidak hanya mencari buku tapi mencari ide, mencari inspirasi, dan sebagainya. demikian sambutan Wakil Rektor I Unila.

IMG_5617

Perkembangan perpustakaan pada ini sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi tersebut harus dapat diikuti agar dapat memberikan peningkatan layanan kepada para penggunanya. Perpustakaan Universitas Lampung sebagai suatu institusi pengelola dan penyebarluasan informasi telah menerapkan teknologi informasi yang sesuai  dengan baru ini perkembangan dan kebutuhan perpustakaan sekarang.

Perpustakaan Unila saat ini telah menggunakan program E-Prints untuk Digital Library yang mengolah karya tulis berupa tugas akhir, skripsi dan tesis. Demikian juga, Perpustakaan Unila  telah menggunakan program Senayan Library Management System (SLIMS) yang membantu dalam pengolahan buku dan layanan sirkulasi. Pemanfaatan sistem aplikasi tersebut  tentu saja membawa dampak positif terhadap peningkatan layanan informasi kepada pemustaka maupun kepada pustakawan sebagai pengguna sistem. Penggunaan aplikasi SLIMS di Unila ini telah berjalan selama dua tahun. Dalam pemanfaatannya tentu saja selain kemudahan yang diperoleh, juga masih terdapat kendala kendala. Oleh karena itu, perpustakaan mengupayakan untuk selalu mengevaluasi dan mempelajari SLIMS sesuai kebutuhan penggunanya.

Sebagai rencana pengembangan, Perpustakaan Unila akan bekerjasama dengan ruang baca yang ada diseluruh fakultas/jurusan yang ada di lingkungan Unila untuk penerapan Katalog Induk Bersama (KIB). Konsep KIB ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di dalam SLIMS. Setiap ruang baca yang menggunakan SLIMS dapat menginputkan koleksi mereka pada katalog ruang baca masing-masing dan secara otomatis akan tersimpan juga pada KIB yang ada di Perpustakaan Unila. Sehingga pengguna nantinya cukup menggunakan KIB yang ada di Perpustakaan Unila untuk mengetahui data koleksi beserta lokasinya yang ada diseluruh di Unila. Untuk itu sebagai tahap awal dari rencana tersebut, pengenalan kegunaan dan pengoperasian SLIMS pada ruang-ruang baca tersebut perlu terus dilakukan sehingga pada tahapan penerapan katalog induk bersama nantinya akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Dalam pelatihan tersebut, Selain materi membangun katalog induk bersama, juga melakukan pelatihan tentang membangun koleksi buku elektronik (e-book) dan jurnal elektronik (e-journal). Sumber e-book dan e-journal tersebut bukan hanya dapat diperoleh dari sumber yang sudah dilanggan oleh Perpustakaan Unila, tetapi juga sumber-sumber yang diperoleh dari berbagai database yang tersedia di internet maupun yang dapat diakses secara gratis. Dengan cara demikian perpustakaan dapat memperkaya koleksi e-book dan e-journal nya, sebagai usaha untuk meningkatkan layanan informasi yang berbasis teknologi informasi.New Picture (11)

Dalam pelatihan tersebut, Perpustakaan Unila mengundang nara sumber dari Jakarta Bapak Hendro Wicaksono, SS. M.Hum dengan materi Membangun Katalog Bersama berbasis SLIMS, dan Bapak Purwono, SIP. M.Hum. dengan materi e-book dan e-jornal.

Dari pelatihan tersebut, diharapkan nanti Perpustakaan Unila bisa bekerjasama dengan ruang baca fakultas maupun jurusan di lingkungan Unila, dan Perpustakaan Unila bisa membangun database e-book dan e-jornal. Begitu juga bagi pustakawan, harus bersiap diri untuk dapat belajar dan meningkatkan kemampuannya, sehingga dapat memberikan layanan prima kepada pemustakanya./by mazto